Close

Nge-VLog dan Strategi Membangun Branding Melalui Youtube (Part 2)

by : davitkurniawan

Pada Part 1 sebelumnya saya menulis dengan Judul Nge-Vlog Untuk Branding Melalui Youtube telah disampaikan tetang bagaimana Youtube dapat menjadi “Jalan Baru” dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan youtube : pelaku, penggiat Youtube atau dengan istilah “Youtuber”, para youtuber dapat menjadi pemasar, menjadi bintang iklan, menjadi terkenal, karena dari aktifitasnya yang secara konsisten membagikan, menyiarkan hal-hal baru dan kekinian. Youtuber membranding dirinya dengan berbagai hal dan aktifitas unik, kemasan dalam penyampaian siaranpun beragam bentuknya, bisa dikatakan ini menjadi kebebasan berkreatifitas baru dalam beriklan, dengan Youtube seseorang atau perusahaan dapat membuat iklan dengan biaya yang cukup murah, dengan durasi tak terbatas, dan dapat dilihat oleh orang dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari siaran iklan di TV atau media cetak, pengunjung Youtube dapat melihat video tersebut secara berulang-ulang, kapanpun, dimanapun, bahkan membagikankan lagi kepada orang lain hanya dengan bermodalkan sebuah Smartphone.

Lantas bagaimana di era digital saat ini melalui Youtube kita dapat membangun Branding Produk ?, Meningkatkan Penjualan ?, Meluaskan Jangkauan Pemasaran?, pertanyaannya bagaimana cara kita memanfaatkan Youtube dengan baik dalam membangun Branding dan Bagaimana strateginya ? (meskipun yang menulis juga tidak dan belum tenar, tapi analisa singkat ini mungkin dapat membantu mengurai rasa keingintahuan dalam Digital Marketing dan mungkin saja jadi Youtuber …

Ok guys, kali ini kita akan bahas tentang “Nge-Vlog Strategi Membangun Branding Melalui Youtube”. Kita blejetin dulu apa saja isi dari Youtube ini guys, fitur dan lainnya agar kita bisa menetukan strategi apa yang kemudian akan kita gunakan untuk Branding Produk dan menghasilkan Uang dari Youtube.

  1. Pahami Produk Anda, Pahami Target Market Anda dan Pahami Pengunjung Channel Bisnis Anda :

untuk mengetahui “Siapa Pengunjung” channel youtube kita : mulai dari jenis kelamin hingga usia, kemudian “Darimana” asal dan lokasi tinggal, budaya lokal atau Bahasa yang digunakan, selanjutnya “Konten Yang disukai” apakah itu jenis musik yang disukai, film, kuliner, olahraga, fashion atau traveling, dan juga “Masalah yang Berhubungan Dengan Bisnis Kita seperti : Masalah pilihan makanan, Tips memilih tempat dan makanan di akhir pecan bersama keluarga, masih banyak lagi yang tujuan dari mengeta

Google menyediakan berbagai Tools untuk membantu hal-hal tersebut, secara gratis antara lain : Google Analytic, Google Trends, Google Webmaster Tools, dan banyak lagi lainnya.

  1. hui hal tersebut adalah untuk memudahkan kita dalam menentukan target pemasaran dan Branding. Salah satu tools yang disediakan oleh google secara gratis untuk membantu mengetahui dan memahami apa yang orang cari yang berhubungan dengan bisnis atau produk kita, atau kita ingin mengetahui tentang sesuatu yang saat ini sedang menjadi Trends dan pembicaraan, atau sesuatu yang saat ini paling banyak dicari orang, tools tersebut adalah : Google Trends. Google trends bisa dibuka pada www.trends.google.com

 

cara pakainya sebagai berikut : Google Trend adalah sebuah tools yang disediakan oleh google untuk mencari apa saja yang sedang menjadi pembicaraan orang banyak, bisa juga untuk mencari Key Word yang kita inginkan sesuai dengan Produk atau bisnis kita. Langkah pertama kita pilih Explorer -> Add a Search Term, Kemudian Pilih Location, Waktu : disini saya gunakan 12 Bulan, Kemudian Pilih Kategori : untuk kategori saya pilih All Categories, dan yang terakhir pilih pencarian berdasarkan apa, disini saya menggunakan Web Search, ada pilihan Youtube Search, ini maksudnya adalah pencarian dilakukan melalui google search atau youtube.

Berikut ini bisa kita lihat Key Word yang kita masukan di komparasi dengan beberapa jenis produk, mana tingkat interest public yang lebih tinggi, akan terlihat juga dari lokasi mana yang paling banyak melakukan search dari Key Word tersebut.

Permasalahan utama dalam Digital Marketing yang memanfaatkan Youtube tidak lain adalah : Youtube basisnya adalah Gambar Video, tentu kekhawatiran bagi orang ketika membuka youtube itu adalah Kuota Internet, apalagi bagi orang yang tinggal di daerah yang akses internetnya masih susah, jaringan GSM pada kebanyakan daerah yang masih remah-remah gurih di 3G tak sampai (untuk yang ini akan kita bahas youtube go), berdasarkan https://testmysite.withgoogle.com jaringan 3G ini baru akan terentaskan menjadi 4G di Tahun 2020, tapi ngga usah dipikirin, buktinya tetap saja video di Youtube saat ini mencapai 15 Miliar Video yang di tonton setiap bulannya, dan pertumbuhan video yang dilihat adalah 4x lipat jumlahnya setiap tahun dan gilanya lagi 53% pengguna internet di Indonesia itu nonton Youtube, “buset” … setengah dari penduduk Indonesia itu ternyata buka dan nonton Youtube melalui smartphone bro, edun… (data Internal Google).

2. Konten Video Yang Tepat

Dalam istilah para Youtuber dikenal ada 3 kategori guys, dalam membuat kontennya, agar konten yang dibuat dalam video kemudian diunggah itu memiliki daya Tarik tersendiri, 3 Kategori Konten tersebut adalah :

  • Hero : Hero ini merupakan video yang tujuan utama dari konten ini adalah untuk menyampaikan pesan penting, pesan utama dari Brand, Produk yang disiarkan secara besar, menggunakan Public Figure, Artis atau Tokoh yang sudah terkenal.
    Contoh Konten Hero : Seorang Brand Ambasador dalam Video berdurasi 1.5 Menit sedang menikmati jajan, makanan disebuah café atau angkringan.
  • Hub : Hub ini merupakan video yang kontennya sebagai penghubung, tujuan dari konten video ini adalah untuk membuat pengunjung atau target market selalu ingat kembali untuk mengunjungi dan mengikuti kelanjutan dari video di channel youtube kita, video dengan konten hub ini dibuat secara rutin, berseri, yang dipublikasi secara konsisten, berkala dan terjadwal. Contoh Konten Hub : Cerita percintaan sepasang Mahasiwa (pria-wanita ya, bukan pria-pria hahaha), yang sedang menunggu jam kuliah, video berdurasi 1.5 Menit, mereka sedang terlibat pertengkaran manja karena di café atau angkiran tersebut.
  • Hygiene : Hygiene adalah video konten yang dibuat secara rutin, berisikan tentang hal-hal keseharian, tentang tips, tentang hal-hal lucu diluar hal utama dari Produk yang berhubungan dengan kebiasaan pada kebanyakan orang lainnya. Konten Hygiene juga berhubungan dengan permasalah dan solusi dari kehidupan keseharian target market yang dibuat secara rutin, konsisten, bahkan bisa jadi setiap hari. Contoh konten Hygiene : video berdurasi 30 detik yang focus berisikan tentang detail produk, misalnya cara makan jajannya, cara menyeduh kopi yang benar, cara menyajikan ke pelanggan, cara pesan makanan yang mudah dan cepat di café atau angkiran tersebut.

3. Konten berdasarkan Kebutuhan Market

Membuat video berdurasi 30 detik atau 1.5 Menit, upayakan video tersebut berisikan konten yang bermanfaat berdasarkan kebutuhan target market, bukan berdasarkan keinginan kita yang hanya ingin terlihat keren.

  • Konten yang bermanfaat dan mendorong target untuk melakukan sesuatu setelah melihat video kita. Misalnya Video Tutorial dengan Judul How To, yang bersifat edukatif, video yang menjelaskan cara, tahapan tentang membuat sesuatu.
  • Kemudian konten video juga upayakan dengan kemasan yang menghibur, karena bisa saja target market kita, membuka channel youtube kita, disaat mereka sedang berada diperjalanan, atau sedang duduk menunggu sesuatu, sedang mengantri sesuatu, sehingga membuat mereka terhibur dengan tayangan video di channel youtube kita.
  • Konten harus informative dan detail dalam menjelaskan informasi tentang Produk kita.
  • Konten juga berikan tentang review atau unboxing dari produk kita.

 

4. Kolaborasi dengan Penggiat, Pelaku atau Artis Youtube.

Kolaborasi dengan Youtuber ini cukup penting guys dalam membangun branding produk kita, kenapa ? karena kita dapat memanfaatkan ketenaran dan jumlah viewernya serta subscribernya yang sudah begitu banyak. Youtuber biasanya sudah memiliki eksisting fans yang bisa jadi pelanggan produk kita, para Youtuber ini sangat memahami tips dan trik dalam membranding produk, mereka sudah sering membuat video sehingga mereka mengetahui mana yang baik dan buruk dalam mengemas suatu konten video, satu lagi kehebatan mereka adalah mampu mengajak dan mempengaruhi ribuan fans-nya. Ok guys, sepertinya kita sampai disini dulu, nanti kita lanjutkan lagi pada tulisan berikutnya tentang fitur-fitur apa saja yang tersedia pada Youtube yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa buka channel ane ya, like and subscribe .. Follow juga twitter ane di @davitkurniawan. Boleh copy dan share tapi jangan lupa cantumin source tulisan ini dari www.davitkurniawan.djcorp.co.id  Tengkyu guys..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.