Close

Nge-Vlog Untuk Branding Melalui Youtube (Part 1)

By : davitkurniawan

Vlog singkatan dari Video Blog, Definisi VLog adalah sebuah ungkapan untuk menggambarkan gabungan video dan blog. Secara umum Vlog dapat diartikan sebagai blog yang memasukkan unsur/media video. Istilah Ng-Vlog saat ini jadi trend tersendiri dikalangan milenial, berbagai aktifitas dikemas dalam sebuah video pendek dengan kemasan yang unik menjadi satu kesenangan tersendiri dan menariknya, mulai dari video berisikan unboxing, review, tutorial, kecantikan, fashion, travel, destinasi, olah raga, aktifitas ekstrem, horror dan masih banyak lagi, kemudian vlog tersebut di unggah pada Youtube. Aktifitas ngeVlog yang dilakukan oleh seseorang ada yang menyebutnya sebagai Youtuber, menariknya lagi aktifitas ngeVlog ini ternyata bisa menghasilkan uang jutaan rupiah juga lho guys.. vlog yang diunggah dengan berisikan konten update yang kekinian, sedikit editing dan disajikan secara unik, konsisten mengundang orang lain untuk mengunjungi channel youtube-nya hingga jumlah viewers dan subscribers yang begitu banyak, akan mendapatkan reward dari Google Youtube.

Youtuber Indonesia

Atta Halilintar Youtuber dengan jumlah Subscribers 4,8M dan 337,955,323 views

Ria Ricis, Ricis Official Youtuber dengan jumlah Subcribe 5,3 M dan 656,220,250 views

Kedua milenial tersebut adalah contoh Youtuber yang saat ini cukup digandrungi, lihat saja jumlah viewers-nya wow. Ok guys contoh dua orang youtuber ini cukup menarik untuk diketahui bagaimana sih caranya memanfaatkan Youtube menjadi sebagai media dalam membangun branding atau iklan, hari ini iklan di TV Mainstream berdurasi 1 Menit dan tayang di jam padat 19.00-21.00 itu biaya iklannya wow ratusan juta dan sayangnya iklan tersebut tidak bisa bertahan lama di TV.

Hari ini Yotube telah menjadi media yang sangat unik dan full power, menjadi mesin pencari berbasis video, menjadi TV Live Streaming, dari data Google Youtube memiliki 15 Miliar Video di Indonesia yang dilihat setiap bulannya. Online Video, TV Live Streaming kini menjadi trend di Indonesia, hanya dengan Device SmartPhone seseorang sudah bisa nonton video, lagu, TV LiveStreaming kapan saja dimana saja, ini ancaman tersendiri buat Stasiun TV jika tidak secepat-cepatnya ikut dalam perubahan cara orang dalam menonton Video dan TV. So berarti Youtube sangat potensial bagi orang yang mau membangun branding, beriklan tentang produk ataupun personal…

Ok, kita jembrengin opini ini dengan pertanyaan :

  • Bagaimana cara memanfaatkan video/vlog untuk membangun branding merk atau bisnis kita, apakah iklan di koran, iklan banner sudah ngga jadi pilhan ?
  • Bagaimana peluang, potensi video/vlog di Youtube untuk branding merk, bisnis ?
  • Bagaimana peluang, potensi Youtube Indonesia untuk bisnis ?
  • Bagaimana cara membangun branding merk, bisnis melalui video, vlog di Youtube ?

Kenapa Vlog jadi alternative membangun Branding :

  • Iklan menggunakan gambar video lebih mudah diingat
  • Kebebasan dalam berkreatifitas menggunakan gambar video memiliki ruang bebas dalam mengirim pesan
  • Cerita pendek yang dikemas dalam gambar video membangun interaksi yang lebih baik

Data Think With Google 94% iklan pada Youtube view abilty-nya tinggi dan membuat brand lebih mudah diingat, View ability adalah hal yang sangat penting pada digital advertising yang mengukur apakah sebuah iklan mempunyai peluang terlihat oleh user.

Potensi Bisnis pada Youtube :

  • Tingginya pengguna SmartPhone, dari APJII, Internet Population Indonesian Data 2017, terdapat 200 juta pemilik mobile phone dan 143 Juta di antaranya adalah pengguna internet yang rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 3.5 jam untuk aktif di seluler.
  • Pertumbuhan jumlah video yang dilihat meningkat sebanyak 4x dari tahun lalu dan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan no 1 dalam hal mengupload video karena semakin banyak YouTuber Indonesia yang membuat konten. Data menunjukkan bahwa 53% pengguna internet Indonesia menonton YouTube setiap hari.
  • Data Demography dan Economi Class pada Youtube :

usia 18-34 adalah pengguna yang mengakses Youtube, ini berarti sangat baik untuk bisnis dimana di usia tersebut tingkat konsumsi sangat tinggi.

 

Smartphone adalah TV Zaman Now

Millward Brown Indonesia menunjukan orang menonton :

  • 52% melalui layar SmartPhone
  • 27% melalui layar TV
  • 21% melalui layar Laptop/PC

Data dari YouTube pun mengatakan penggunanya 60% berasal dari mobile dan 149% pertumbuhan dari mobile. Wow.. amazing guys, gambar video ternayata sangat berpotensi membangun Branding melalui Youtube, sampai disini dulu guys, pada tulisan berikutnya kita akan ulas tentang Bagaimana Strategi Membangun Branding di Youtube.. (ngomong-ngomong saya sendiri udah punya video branding belum ya .. emm search aja deh di youtube… c u.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.