Close

8 Cara Gagal Untuk Menuju Sukses

oleh : davitkurniawan

Pada kondisi tertentu bahwa mengacaukan adalah bagian penting dari proses kreatif. Perhatikan tentang bagaimana ketika anak-anak bermain : Mereka tidak berpikir, mereka hanya melakukannya. Dan jika seluruh mainannya itu jatuh ke lantai, mereka tidak risau, tetapi mereka justru menertawakan kekacauan dan memulai kembali. Tanpa mereka sadari sesungguhnya mereka juga belajar tentang emosi. Dari sepenggal cerita bermain diatas Intinya adalah : “Ketika Anda menerima kemunduran dan tidak membiarkan mereka melumpuhkan Anda, Anda lebih mungkin untuk melewati garis finish”.

Kita harus berhenti berbicara tentang kegagalan dan menyebut berbagai kegiatan, aktifitas atau proyek-proyek kita yang gagal “percobaan.” Dan mari kita ambil petunjuk dari Thomas Edison dari berbagai tindakan percobaan sebanyak mungkin untuk terus mencobanya dalam satu waktu selama yang bisa kita lakukan.

Berikut adalah delapan cara gagal untuk menjadi maju :

 

  • Biarkan Ide Tetap Apa Adanya

Jangan mengubah suatu orisinalitas gagasan dasar hanya dikarenakan suatu masalah yang datang, biarkan apa adanya “Keep It Basic”. Yang perlu dilakukan adalah menjaga orisinalitas gagasan tersebut yang telah menjadi gagasan Dasar dari suatu keputusan, biarkan saja karena hal ini memungkinkan bagi kita untuk dapat melihat berbagai kemungkinan dalam gagasan itu, bukan berbagai kekurangannya. Semakin banyak polesan, semakin banyak kita akan mendapatkan umpan balik yang salah.

 

 

  • Merancang Hal-hal yang Mustahil

Seperti : Bagaimana kita bisa membuat warna baru? Bagaimana kita bisa hidup selamanya? Pemikiran Moonshoot membebaskan kita dari membatasi diri, membantu kita menghasilkan banyak ide liar. Tak satu pun dari mereka akan benar, tetapi mereka akan menghidupkan mesin imajinasi kita.

 

 

  • Jangan Berasumsi Anda Sudah Final

Apa yang sedang anda buat hari ini ? Apakah membuat sketsa tangan? Memahat patung dari tanah liat? Menyusun karya tulis? Apapun yang sedang anda buat meskipun itu pada akhir berhenti dan membuat anda memperhatikannya diam dilayar monitor, apa yang anda buat tersebut mungkin bisa jadi terasa tak berarti sama sekali,  tetapi ketika kejenuhan telah melampauinya, segala yang kita buat tersebut akan bermanfaat pada waktunya, akan berujud kedalam media yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, menjadi sesuatu yang berbeda bahkan melahirkan hal-hal baru dengan sentuhan yang berbeda.

 

 

  • Tetapkan Tujuan Untuk Kegagalan

Dalam 100 Days of Rejection oleh Jian Jiang: “Kami gagal setidaknya 30 kali sebelum kami menemukan solusi yang tepat.” Kami Mengurangi berbagai hal, Menurunkan target dan taruhannya, membuat berbagai solusi yang kurang berharga, ternyata hal itu membuat kami lebih mudah untuk menghasilkan karunia ide untuk mencapainya.

 

 

  • Ini Ide Buruk, Tapi …

Setiap kali Anda membuang ide, mulailah dengan “Ini ide yang buruk, tetapi bagaimana jika …” Ungkapan tetapi “bagaimana jika” Ini akan membantu anda menjadi kreatif dan berlatih tanpa keterikatan pada apapun dan akan mempersiapkan anda pada realitas dengan ide yang jauh lebih Besar.

 

 

  • Mecoba Ide yang Malu-maluin

Jangan pernah takut untuk mencoba dan setiap kali anda atau seseorang dalam tim membuat kesalahan atau gagal, mintalah tim anda untuk berteriak “malu-maluin” secara serempak. Hal yang penuh canda ini benar-benar menurunkan egois yang menjadi penghalang bagi anda untuk mau mengakui kegagalan dan membuat brainstorming yang lebih jujur. Ini juga akan mencerahkan suasana dan pikiran saat Anda sedang berjuang dengan tantangan yang sangat sulit.

 

 

  • Berteriak dan Salah

Cobalah anda berjalan di sekitar ruangan dan dengan suara keras, berani, tunjuk benda-benda dengan meneriakkan nama yang salah untuk benda tersebut. Lakukan ini selama tiga hingga empat menit. Kemudian berhenti dan perhatikan perasaan yang muncul dalam pikiran, Ada suara keras kepala di kepala Anda yang memberi tahu Anda apa yang salah, tidak layak, tidak praktis, terlalu berisiko. Latihan ini mengingatkan anda bahwa ada suara yang menegakkan rasa takut dalam diri kita akan kegagalan, rasa takut ini yang dapat mengalahkan kemampuan kita untuk berani mengambil “risiko kreatif”. Tugas kita adalah belajar menenangkan suara itu pada saat yang tepat untuk kita dapat keluar dan mau menerima sesuatu dari yang tidak diharapkan.

 

  • Pengalaman Terburuk

Satu catatan terakhir untuk calon pemimpin: Jangan takut untuk membicarakan pengalaman terburuk yaitu kegagalan di masa lalu dan apa yang anda pelajari dari para pemimpin sukses lainnya. Mengakui kegagalan akan membantu anda dan tim untuk menghentikan inisiatif, kegiatan yang tidak berjalan, kegiatan yang tidak bekerja sesuai rencana dan segeralah untuk beralih ke hal-hal baru berikutnya.

disadur dari : Megan Crabtree IDEO ALUM
Megan is a designer, illustrator, crafter, southerner-at-heart a little too obsessed with board games, bookstores, and pictures of babies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.